Minggu, 08 Desember 2013

Belajar Berkenalan

Langit dengan semburat biru yang berhasil memecah gerombolan awan selalu menciptakan terik yang menusuk kulit. Fatamorgana meliuk bebas di seluruh ruang pandangan mata, bergelimang pada tiap aspal jalanan yang dipenuhi keringat. Aku menjadi bagian dari segala kekisruhan. Apa daya, hanya ada dua kemungkinan: terus melaju atau menepi sejenak. Ingin rasanya mampir ke warung kopi. Namun, demi mengingat kegarangan matahari, meneguk kafein adalah absurditas yang tak bisa ditolerir. Pilihan lalu jatuh pada pelataran sebuah masjid yang terlihat begitu sejuk. Riak angin mungkin tak terasa, tapi atapnya yang kokoh perkasa seolah menjelma menjadi sayap malaikat yang mencangkung damai. Punggung yang lelah lalu bersandar di pojok pintu sebelah tempat air minum.

Baru sekitar beberapa menit terduduk, segerombol bocah berebut mengambil air minum. Tak lama, lelaki paruh baya sedikit lusuh mengeluarkan botol mineral kosong dan mengisinya sampai penuh. Lehernya bergerak-gerak lega saat aliran air berjalan lembut di kerongkongan. Aku tak ambil pusing, belum ambil pusing tepatnya. Tangan dengan lincah mengisi waktu dengan berselancar di jejaring sosial. Seorang kawan membuat postingan cukup menarik. Foto band paling keren, tulisnya. Tentu semua yang disampaikan serba berkebalikan. Foto para muda-mudi yang jauh dari nilai estetis terpampang. Pada salah satu foto, terpampang alamat blog dari salah satu band yang tengah tereksploitasi tersebut. Dalam senyum, iseng kubuka tautan tersebut. Entah bagaimana bisa, tahu-tahu rasa penasaran membuatku bertindak lebih jauh. Kudengarkan lagu mereka, tak terlalu buruk meski banyak kurang di sana-sini. Laman Facebook para personel dengan super iseng tak luput dari pencarian. Sebagian berkuliah dan menetap di Surabaya. Foto-foto gembira, keceriaan di tempat antah-berantah.

“ Ini untuk air yang dingin mana, ya?” Seorang kakek tiba-tiba bertanya, “ ini, ya?” Ia jawab sendiri pertanyaan itu sambil menunjuk tombol berwarna biru.


Sedikit terkaget aku mengangguk. Ia tersenyum. Air berpindah ke botol kusam di tangannya. Wajahnya lelah namun sumringah. Siapa dia? Aku tak tahu. Mungkin kuli pengangkut sampah atau tukang parkir ilegal. Kuikuti langkah kakinya sampai ia menghilang di balik pagar. Sungguh mati tiba-tiba aku penasaran seperti halnya dengan band dengan foto nan seadanya tadi. Kuamati sekitar, ada yang tengah bercengkrama, ada yang asyik membaca, ada bapak dan anak yang menunggu sore. Lalu aku ingat pada gerombolan bocah, pada lelaki lusuh dengan leher yang bergerak-gerak. Siapa mereka? Wajah berseri pada foto di jejaring sosial menampar. Betapa kita gemar mengamati siapa pun dan seringkali latah menjadikannya objek yang kadung telah diberi stempel buruk dengan tinta pekat. Bocah-bocah nakal, kuli sampah, tukang parkir menyebalkan, pemusik gagal, dan sederet stigma yang dilahirkan prematur. Sontak aku tersadar, tiap pertemuan adalah pula sebuah perkenalan. Bukankah seharusnya berbagi pandang atau percakapan adalah tentang menebak-nebak bagaimana hidup berlangsung dan belajar mengagumi sisi menakjubkan dari manusia-manusia di sekitar kita? Bukankah manusia tak hanya mengakrabi buruk? Bukankah buruk selalu berdiri sejajar dengan baik? Cangkung sayap malaikat makin mesra memberi teduh. Aku belajar memilih sisi. 

Written by Nugraha Sugiarta
Drawing by Amelia Devita

9 komentar:

  1. Hey duet Denu, kemana ajah jarang update :)

    Hmm terima kasih sudah diingatkan, pernah beberapa kali berkenalan dengan mereka dan nggak sedikit juga pengalaman mereka justru bisa jadi pelajaran buat kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kmrn libur,skr start lg hihi, kembali kasihh :)

      Hapus
  2. Kena banget. Bagus isi pesan yang disampaikan.

    BalasHapus
  3. Ia nih kemana aja jarang update :p

    Duh agak ngejleb >.< Terimakasih telah diingatkan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi kmrn lg liburan tp klamaan :p sama2 makasih jg nihh :)

      Hapus
  4. bagus banget share nya,, jadi nambah pengetahuan

    BalasHapus
  5. seperti biasa, pilihan kata-katanya keren hehee

    BalasHapus